Cara Mengatasi VRAM/GPU Unable PES 2017

1 min read

Mengatasi VRAM/GPU Unable PES 2017

Cara Mengatasi VRAM/GPU Unable PES 2017 РSedih banget ketika sobat ingin memainkan PES 2017 di depan umum dan disaksikan teman-teman tapi ternyata Pro Evolution Soccer 2017 yang sobat miliki hanya bisa set low. Biasanya masalah ini muncul ketika sobat menggunakan GPU integrated seperti Intel HD, yang mengakibatkan setiap bermain PES 2017 mengalami masalah pada VRAM dan pada  GPU yang jadi tidak terbaca atau unable.

Mengatasi VRAM/GPU Unable PES 2017

Masalah GPU yang tidak terbaca itu yang membuat PES 2017 auto set low dan VRAM teramat kecil. Sobat tidak perlu cemas, saya akan memberi cara atasi VRAM/GPU Unable PES 2017 untuk sobat dengan menggunakan set high pada GPU integrated.

Mengatasi VRAM GPU Unable

Seperti masalah pada PES 2017 lainnya, menyelesaikan masalah VRAM/GPU Unable juga terbilang cukup mudah. Sebelumnya pasti sobat dibuat pusing akibat PES 2017 hanya terpasang secara default dengan setting low sebab pilihan setting medium dan high tidak bisa diklik. Ketika mengecek pada bagian spesifikasi pun yang terlihat hanya GPU Unable dan VRAM yang terbaca hanya 128 MB.

Saya akan memberikan cara mengatasi VRAM/GPU Unable PES 2017 supaya sobat bisa memilih setting medium dan high untuk menambah kualitas PES 2017 yang akan dimainkan. Untuk memperbaiki masalah VRAM dan GPU unable ini, hanya perlu menginstall aplikasi dxcpl, untuk lebih lengkapnya dapat menyimak langkah-langkahnya sebagai berikut.

#1. Download dxcpl dan ekstrak, lalu pindah dxcpl.exe ke direktori PES 2017.

#2. Buka dxcpl.exe maka akan muncul jendela DirectX Properties, klik pada tab Edit List.

#3. Masukan alamat folder game PES nya yakni PES2017.exe dan Setting.exe.

#4. Setelah kedua lamat folder nampak di jendela sebelah kiri langsung klik OK saja.

#5. Lalu akan kembali ke jendela DirectX Properties, perhatikan bagian bawah terdapat Device Setting.

#6. Pada Feature Level Limit sebelahnya ada kolom kecil yang bisa diubah, ubahlah menjadi 11_1.

#7. Sebelah Feature Level Limit, silahkan sobat centang bagian Force WRAP.

#8. Apabila sudah selesai jangan lupa klik opsi Apply.

Selama langakah sobat benar, cara mengatasi VRAM/GPU Unable PES 2017 akan berhasil. Sobat harus mencobanya dengan membuka PES 2017 dan buka bagian setting. Pasti pilihan set medium maupun high sudah aktif dan dapat dipilih. Selain itu, bila sobat klik bagian spesifikasi GPU akan terbaca, dan VRAM akan naik menjadi 1GB.

Penutup

Begitulah panduan lengkap mengenai cara mengatasi VRAM GPU unable pada PES 2017. Semoga tutorial di atas dapat membantu semua permasalahan sobat. Sekian dari saya, wassalam.