Cara Bermain PES 2017 Menggunakan Joystick

BINGUNG TIDAK DAPAT AKUN? KALIAN BISA MENDAPATKAN AKUN-AKUN DALAM JUMLAH BANYAK! SILAHKAN KLIK TOMBOL DI BAWAH INI UNTUK INFO SELENGKAPNYA.

Cara Bermain PES 2017 dengan Joystick – Bagi pemula bermain PES 2017 di laptop, pasti akan kebingungan bagaimana cara bermain PES 2017 dengan joystick, lebih tepatnya bagaimana cara pengaturannya. Tidak seperti yang tersedia di kedai PES yang biasanya sudah disetting oleh penjaganya, untuk menggunakan joystik pada laptop, pengguna harus pintar mengaturnya sendiri.

Bermain PES 2017 dengan Joystick

Sebagaian orang memilih menyuruh teman yang sudah ahli untuk mengaturnya, sebagian orang gengsi untuk meminta tolong dan mencoba mengaturnya sendiri. Bila sobat salah satu yang ingin menyoba sendiri, sebenarnya tidak perlu khawatir sebab bermain PES 2017 menggunakan joystik di laptop tidaklah susah, mengaturnya pun terbilang cukup mudah.

Bermain PES 2017 dengan Joystick

Cara main PES 2017 menggunakan joystick sesungguhnya sangat mudah, sobat hanya perlu mengatur joystik PES 2017 di laptop dulu, pastikan dulu joystick yang dibeli berfungsi dengan baik, selain itu pastikan juga sambungan USB di laptop tidak rusak juga. Setelah semuanya baik-baik saja, segera sambungkan joystik ke laptop. Kemudian ikuti langkah-langkah mengatur dengan seksama.

#1. Buka directory file PES 2017 yang diinstall di folder C, posisi default berada di C://Program Files//Pro Evolution Soccer 2017.

#2. Kemudian bukalah Setting.exe, dan pilih tab Controller.

#3. Klik opsi DirectInput yang terletak di sebelah kanan kolom, bersebelahan dengan Xinput, pastikan opsi DirectInput lingkarannya sudah terisi sebagai sobat.

#4. Pada opsi Controller pada bagian kanan pilih sesuai kebutuhan, pilih Controler 1 untuk yang ingin main tunggal. Pilih Controler 2 bagi yang akan main berdua atau battle.

#5. Di bawah opsi Controller, ada opsi Device. Pilih sesuai kebutuhan, misalnya Twin Joystick USB.

Setting Joystick PES 2017

#6. Setelah semua sudah beres, tinggal atur menurut tombol gamepad atau joystick masing-masing. Caranya mudah, tinggal klik salah satu pilihan fungsi sampai muncul notif Press the Button to which you wish to assign this function, kemudian pencet tombol pada joystick yang sesuai dengan salah satu fungsi yang dipilih tadi. Lakukan seterusnya pada tombol lainnya.

#7. Bila sudah selesai klik OK.

Biasanya dengan beberapa cara tadi joystick sudah bisa digunakan, namun tidak sedikit yang mengalami kegagalan. Jangan cemas, bila pengaturan joystick tidak tersimpan sobat hanya harus masuk lagi ke folder instalasi game. Kemudian klik kanan pada launcher, dan klik opsi Run Administrator, akan muncul lagi kolom pengaturan, jika berubah lagi bisa diperbaiki bila sudah sesuai langsung klik Save dan OK.

Setelah semua selesai sobat sudah bisa menikmati permainan seru PES 2017, sangat simpel bukan cara bermain PES 2017 dengan joystick.

Penutup

Demikian artikel yang saya bagikan pada kesempatan kali ini tentang cara bermain PES 2017 dengan joystick. Semoga tutorial di atas dapat membantu sobat dalam proses instalasi gamepad untuk bermain PES. Jika ada pertanyaan tambahan silahkan berkomentar. Sekian, terima kasih.